PorterGunung Cikuray, Cara Tepat Memilih Matras Angin / Sleeping Pad - Open Trip dan Private Trip !! Porter Gunung se Indonesia

Breaking

Rabu, 04 November 2020

PorterGunung Cikuray, Cara Tepat Memilih Matras Angin / Sleeping Pad

 

Macam Macam Sleeping Pad / Matras

Porter Cikuray, Cara Memilih Matras Yang Tepat Untuk Pendakian Atau Kegiatan di Alam Bebas

Alas tidur memainkan dua peran yang sangat penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak di alam bebas: bantalan dan isolasi. Meskipun tampaknya memiliki permukaan yang nyaman untuk tidur adalah fungsi yang paling berguna dari bantalan, kemampuannya untuk membuat Anda tetap hangat sepanjang malam seringkali lebih penting.

Berikut cara memilih alas tidur untuk berkemah atau backpacking:

  • Jenis bantalan tidur:  Pelajari tentang tiga jenis dasar bantalan dan cara kerjanya: udara, menggembungkan sendiri, dan busa sel tertutup.
  • Penggunaan yang dimaksudkan:  Tentukan aktivitas pad Anda untuk: backpacking, berkemah mobil, berkemah musim dingin, dll.
  • Kehangatan (Nilai-R): Kemampuan bantalan untuk menahan kehilangan panas ke tanah diukur sebagai nilai R — nilai R yang lebih tinggi lebih hangat.
  • Sistem tidur: Merasa nyaman pada suhu tertentu tergantung pada banyak variabel lain, termasuk peringkat suhu kantong tidur Anda. Memasangkan pembalut dan tas dengan benar di sistem tidur Anda adalah kunci untuk tetap hangat.
  • fitur:  Tentukan fitur lain yang paling penting bagi Anda: berat, bantalan, ukuran, kemudahan inflasi, dan banyak lagi.

Cobalah secara langsung:  Untuk membuat keputusan akhir, coba kunjungi REI setempat dan uji beberapa pad yang berbeda. Berbaring dalam posisi tidur khas Anda dan bergerak seperti biasa. Melihat pembalut secara langsung juga memungkinkan Anda menilai berat dan ukuran kemasan dengan mudah.

Jenis Alas Tidur

Bantalan Udara

bantalan udara tidur tiup

Bantalan udara tersedia dalam berbagai gaya, dari yang ringan, ideal untuk backpacking hingga bantalan ekstra tebal yang bagus untuk glamping. Kebanyakan bantalan udara sekarang mengandung insulasi dan / atau bahan reflektif untuk meningkatkan kehangatan. Banyak bantalan udara memiliki metode pemompaan alternatif sehingga Anda dapat menghemat napas.  

Kelebihan:  Bantalan udara sangat nyaman dan ringan serta merupakan jenis bantalan yang paling ringkas saat dikemas. Anda dapat menyesuaikan kekencangan kasur dengan melepaskan atau menambahkan udara dari katup. Desain dan tujuan penggunaan akhir sangat bervariasi. Pastikan yang Anda pilih memiliki nilai R yang sesuai untuk kondisi yang Anda harapkan.

Kekurangan:  Bantalan udara cenderung lebih mahal jika lebih ringan dan lebih kompak. Mereka dapat tertusuk atau robek (ini paling umum saat berbagi tenda dengan anjing), tetapi perbaikan di lapangan dapat dilakukan jika Anda membawa perlengkapan tambalan yang sesuai.

Bantalan udara cenderung terasa seperti kehilangan udara jika suhu di luar berfluktuasi, jadi periksa dan sesuaikan kekencangannya tepat sebelum Anda tidur. Kelembaban dari napas dapat terperangkap di dalam, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kinerja atau masalah bakteri atau jamur. Menggunakan pompa tangan akan membantu mencegah penumpukan kelembapan, seperti halnya menyimpan bantalan Anda tanpa gulungan dengan katup terbuka.

Beberapa bantalan udara mengeluarkan suara kerutan yang keras saat Anda bergerak, yang dapat mengganggu diri sendiri atau teman tenda. Ini adalah alasan bagus lainnya untuk menguji pad di toko.

Self-Inflating Pads

bantalan tidur yang dapat menggembung sendiri

Bantalan self-inflating menawarkan kombinasi insulasi busa sel terbuka dan udara. Membuka katup memungkinkan busa mengembang dan membawa udara secara otomatis. Beberapa dirancang khusus untuk backpacking dan dapat dilipat memanjang dan kemudian digulung agar muat di dalam tas Anda. Lainnya dirancang untuk berkemah mobil dan digulung tanpa dilipat. Bantalan yang bisa menggembung sendiri menawarkan berbagai pilihan kehangatan, ukuran dan biaya.

Kelebihan:  Mereka nyaman dan cukup kompak, mereka menawarkan isolasi yang sangat baik, dan Anda dapat menyesuaikan kekencangannya dengan menambah atau melepaskan udara. Mereka umumnya lebih tahan lama daripada bantalan udara.

Kekurangan:  Bantalan ini lebih berat dan lebih mahal daripada bantalan busa sederhana, dan tidak sekompak bantalan udara. Mereka bisa tertusuk atau robek, meskipun perbaikan lapangan tidak sulit. 

Bantalan Busa Sel Tertutup

bantalan busa sel tertutup

Bantalan ransel dasar ini terbuat dari busa padat yang diisi dengan sel udara kecil yang tertutup. Mereka biasanya digulung atau dilipat dalam formasi Z.

Kelebihan:  Ringan, murah, tahan lama dan menawarkan isolasi yang konsisten di semua kondisi. Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran atau tusukan. Mereka bekerja dengan baik di bawah jenis bantalan lain untuk meningkatkan isolasi dan mencegah tusukan. Ini adalah satu-satunya pembalut yang dapat dibawa di bagian luar tas Anda tanpa takut rusak. Mereka juga bisa berfungsi ganda sebagai bantalan duduk di kamp.

Cons:  Mereka kurang nyaman. Mereka relatif kaku dan keras, dan cenderung besar.

Memilih Alas Tidur Terbaik untuk Anda

Perbandingan Cepat Alas Tidur

AktivitasJenis bantalanFitur / Manfaat
Berkemah mobilBantalan yang bisa menggembungkan sendiri atau bantalan udara tebalBanyak bantalan, berbagai nilai R yang tersedia
Wisata backpacking / bikepacking /
kayak & kano
Bantalan udara atau bantalan self-inflating ringanNyaman, ringan, dikemas kecil, berbagai nilai R yang tersedia
Backpacking minimalisBantalan udara ultralightRingan, mengemas kecil, berbagai nilai-R yang tersedia
Melalui hikingBantalan busa sel tertutupRingan dan tahan lama
Berkemah musim dinginBantalan udara yang terisolasi dengan baik atau bantalan yang dapat menggembung sendiriNilai R tinggi

Saat memilih alas tidur baru, faktor kuncinya adalah kehangatan sistem tidur Anda secara keseluruhan (dibahas di bawah). Ini juga membantu untuk memikirkan tentang tujuan penggunaan Anda:

Kemah mobil:  Jika Anda tidak dibatasi oleh ukuran dan berat, Anda dapat memilih kasur yang lebih tebal dan lebih besar untuk kenyamanan tidur. Seringkali ini lebih murah daripada rekan-rekan mereka yang ringan. Bantalan yang bisa menggembung sendiri sering kali merupakan pilihan yang baik untuk berkemah mobil.

(Tiup besar kasur udara adalah pilihan lain jika Anda ingin menggunakan seprai dan selimut biasa sebagai pengganti kantong tidur. Namun, kasur ini relatif berat dan besar serta mungkin kurang sekat, jadi periksa spesifikasi produk. Pompa diperlukan untuk inflasi yang tepat.)

Backpacking:  Mereka yang lebih menyukai kenyamanan tidur yang baik saat backpacking (atau tur dengan sepeda, kano atau kayak) dapat memilih self-inflating atau bantalan udara, yang menawarkan berbagai ketebalan, daya tahan, nilai isolasi dan berat. Perlengkapan kursi opsional memungkinkan self-inflating atau air pad Anda berfungsi ganda sebagai tempat duduk yang nyaman, lengkap dengan sandaran. Ini bisa menjadi kemewahan ringan untuk backpacker.

Backpacking minimalis:  Berat rendah dan ukuran kecil mengesampingkan semua faktor lainnya. Bantalan udara ultralight mungkin akan menjadi taruhan terbaik Anda. Beberapa bantalan udara panjang berinsulasi sekarang beratnya kurang dari satu pon. Pastikan untuk melihat ukuran paket pilihan bantalan Anda saat berada di toko dan faktor itu menjadi keputusan Anda.

Thru-hiking:  Di sini, bobot rendah itu penting, tetapi daya tahan untuk jarak jauh juga kuncinya. Bantalan busa sel tertutup adalah pilihan terbaik Anda. Banyak pejalan kaki memilih bantalan busa “pendek” atau “panjang 3/4” untuk menghemat berat (Anda dapat meletakkan paket kosong atau pakaian ekstra di bawah kaki Anda untuk sedikit isolasi jika diperlukan).

Kemah musim dingin:  Bantalan udara berinsulasi bernilai R tinggi berfungsi dengan baik untuk suhu udara dingin. Berkemah di atas salju juga membutuhkan lebih banyak isolasi. Karena nilai-R adalah aditif, pertimbangkan untuk menggunakan bantalan busa sel tertutup di bawah bantalan udara berinsulasi, nilai-R sedang atau tinggi atau bantalan pemompa sendiri. Bantalan busa sel tertutup yang tahan lama menambah isolasi dan membantu melindungi bantalan tiup dari tusukan atau kerusakan lainnya. Ini juga berfungsi sebagai cadangan jika bantalan karet rusak dan tidak dapat diperbaiki.

Kehangatan Alas Tidur

kantong tidur di atas alas tidur

Isolasi dan Nilai-R

Penyekat bantalan tidur sangat penting untuk mendapatkan tidur malam yang hangat karena Anda kehilangan panas tubuh karena suhu dingin di bawah Anda. Untuk mengatasi hal ini, bantalan menggunakan berbagai bahan dan teknik konstruksi untuk mencegah kehilangan panas.

Nilai R alas tidur mengukur kapasitasnya untuk menahan aliran panas yang melaluinya (karenanya disebut "R"). Semakin tinggi nilai R pad, semakin baik ia akan mengisolasi Anda dari permukaan yang dingin. Nilai-nilai alas tidur berkisar dari kurang dari 2 (berinsulasi minimal) hingga 5,5 atau lebih (berinsulasi sangat baik).

Produsen sekarang memiliki cara yang seragam untuk menguji bantalan tidur untuk nilai-R, yang berarti Anda dapat membandingkan spesifikasi kunci ini antara dua pad, apa pun merek, model, atau jenisnya.

Fakta utama tentang nilai-R pada bantalan tidur:

  • Angka yang lebih tinggi berarti lebih banyak isolasi.
  • Skalanya mudah: pad dengan nilai R 2.0 dua kali lebih hangat dari pad dengan nilai R 1.0.
  • Untuk menghitung total isolasi untuk bantalan tidur yang ditumpuk, cukup tambahkan nilai R-nya.

Sistem Tidur Anda

Alas Tidur dan Tas Anda Bekerja Sama

Memang benar bahwa kehangatan dan kenyamanan dunia nyata Anda dapat bervariasi dari peringkat suhu yang diuji berdasarkan banyak variabel, termasuk kelembapan, angin, jenis tempat berlindung, kondisi tanah, pakaian, dan preferensi pribadi. Pertimbangan utama, bagaimanapun, adalah sistem tidur Anda. Sistem tidur terdiri dari tiga komponen dasar: 1) kantong tidur, 2) alas tidur, dan 3) pakaian tidur.

Jika Anda menggunakan bantalan yang tidak terlalu terisolasi pada suhu yang lebih dingin, kantong tidur Anda mungkin tidak sesuai dengan aslinya peringkat suhu. Penting untuk diperhatikan bahwa nilai tes kantong tidur didasarkan pada orang yang mengenakan pakaian dalam panjang dan kaus kaki, dan tidur di atas pembalut berinsulasi dengan nilai R sekitar 5,5. (Menjaga variabel tersebut konsisten di semua tas yang diuji diperlukan untuk mendapatkan pengukuran yang akurat.)

Lab Magnusson REI Co-op telah melakukan pengujian ekstensif untuk mengukur kenyamanan sistem tidur secara keseluruhan. Kantong tidur dan alas tidur, dengan berbagai kinerja termal, diukur sendiri dan dalam kombinasi yang berbeda. Tabel sederhana di bawah ini menunjukkan kombinasi sistem tidur yang direkomendasikan berdasarkan perkiraan rendahnya waktu malam, nilai R alas tidur, dan peringkat suhu kantong tidur.


Sistem Tidur: Peringkat Alas Tidur dan Kantong Tidur Apa yang Harus Saya Dapatkan?

KONDISIHANGATKERENDINGINEKSTRIM
Perkiraan Waktu Malam Rendah50 ° F32 ° F20 ° F0 ° F
Pad: Rentang Nilai-RDi bawah 22 - 3.94 - 5.45.5+
Tas: Peringkat Suhu30 ° F atau lebih rendah20 ° F atau lebih rendah15 ° F atau lebih rendah0 ° F atau lebih rendah

Untuk nilai suhu tas Anda, gunakan nilai "batas bawah" jika Anda tidur hangat; gunakan peringkat "kenyamanan" jika Anda adalah tipe orang yang tidur nyenyak. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang peringkat kantong tidur, serta cara memilihnya.

Fitur Alas Tidur

bermacam-macam bentuk dan ukuran alas tidur

Berat Alas Tidur

Bantalan ultralight sangat bagus untuk backpacking tetapi lebih mahal. Anda dapat menghemat berat dengan memilih bentuk mumi atau meruncing yang mengurangi volume dan mengemas lebih kecil. Bantalan busa sel tertutup dengan panjang pendek juga memiliki berat yang cukup rendah. Jika Anda backpacking dengan pasangan, alas tidur ringan untuk dua orang dapat menghemat ons.

Panjang Alas Tidur

Setidaknya, bahu dan pinggul Anda harus pas di atas bantalan. Bantalan biasa (biasanya sepanjang 72 inci) dan panjang (biasanya 78 inci) akan melindungi kaki Anda — nilai tambah yang besar pada perjalanan musim gugur dan musim dingin yang dingin. Bantalan pendek atau 3/4-panjang (biasanya 47 atau 48 inci) beratnya lebih sedikit dan kemasannya lebih kecil (Anda dapat meletakkan pakaian terlipat atau tas Anda di bawah kaki dan kaki Anda untuk beberapa isolasi).

Lebar Alas Tidur

Hampir setiap bantalan menawarkan lebar standar 20 inci. Jika Anda bertubuh besar atau cenderung sering berguling, Anda mungkin menginginkan lebar 25 atau 30 inci (tetapi pertimbangkan ukuran tenda Anda untuk memastikan Anda dapat memasukkan dua bantalan yang lebih lebar secara berdampingan). Seringkali versi "panjang" dari bantalan default juga menjadi lebih lebar, meskipun dalam beberapa gaya Anda bisa mendapatkan bantalan lebar dengan panjang "biasa".

Beberapa bantalan memiliki sekat samping yang lebih besar, sering disebut "rel", untuk menyangga Anda dan membantu mencegah Anda berguling saat Anda berbalik saat tidur. Ini sangat bagus untuk anak-anak.

Inflasi Bantalan Tidur

Beberapa bantalan memiliki katup inflasi volume tinggi dan katup deflasi, yang dapat mempercepat aliran udara masuk atau keluar. Beberapa bantalan baru memiliki bukaan "leher" yang lebih besar yang memungkinkan penggelembungan cepat dengan napas yang lebih sedikit. Bantalan dengan ruang atau lapisan inflasi terpisah dapat memberi Anda ketenangan pikiran; jika satu lapisan gagal, lapisan lainnya masih akan memberi Anda bantalan.

Permukaan Alas Tidur

Jika Anda orang yang suka tidur gelisah, carilah bantalan dengan permukaan bertekstur atau kain bersikat. Ini membantu Anda dan kantong tidur agar tidak tergelincir pada malam hari. Mungkin juga lebih tenang.

Pertimbangan Tambahan Alas Tidur

Lengan bantalan: Beberapa kantong tidur memiliki selongsong terintegrasi untuk menahan bantalan. Ini membuat Anda dan kantong tidur tidak tergelincir di malam hari. Periksa lebar lengan baju sebelum Anda membeli pembalut.

Pompa tangan : Jika Anda tidak suka mengeluarkan napas setelah seharian berjalan kaki, cari bantalan dengan pompa tangan terintegrasi atau beli pompa tangan model tas yang dapat digulung kecil dan beratnya hanya beberapa ons (dijual terpisah).

Kit tempel  adalah ide bagus untuk backpacking. Cari tahu apakah mereka datang dengan bantalan atau dijual terpisah. Pastikan untuk memahami cara menambal tusukan sebelum Anda meninggalkan rumah, jika Anda harus memperbaikinya dalam gelap.

Sumber :
https://gunungcikuray.com/2020/10/04/bagaimana-memilih-alas-tidur-pendakian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar