Istilah Istilah Dalam Pendakian - Open Trip dan Private Trip !! Porter Gunung se Indonesia

Breaking

Minggu, 27 September 2020

Istilah Istilah Dalam Pendakian

gunungpraupatakbanteng.com

Istilah Istilah Dalam Pendakian Yang Sebaiknya Kamu Tahu.


Halo Sobat Porter Gunung !!!
Tak kenal maka tak sayang. Demikianlah bunyi pepatah. Maka untuk pendakian kita perlu mengenal juga beberapa istilah dalam pendakian. Dengan mengenal istilah dalam pendakian maka pendakian kita lebih safety dan terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut kami berikan beberapa istilah dalam pendakian yang dapat kami rangkum,

SIMAKSI

Simaksi merupakan singkatan dari Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi, surat izin ini biasanya bisa diurus secara online atau melalui telfon ke kantor konservasi tiap gunung. Beberapa gunung mempunyai peraturan jumlah kuota pendakian, jadi pastikan kamu memesan izin agak jauh-jauh hari.
Simaksi merupakan salah satu pembeda antara pendakian secara legal dan ilegal. Jadilah pendaki yang cerdas selalu meminta Simaksi dalam setiap kegiatan mendaki. Dalam bahasa pariwisata Simaksi dapat diartikan sebagai tiket masuk / karcis.

LOGISTIK

Logistik merupakan sebutan untuk persediaan bahan makanan selama pendakian. Setiap gunung mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga mengetahui karakter gunung yang akan didaki merupakan salah satu penentu untuk memperkirakan logistik yang dibutuhkan. Sebagai catatan setiap pendakian membutuhkan banyak sekali cairan dan tenaga sehingga mempersiapkan air dan bahan makanan sumber tenaga sangat penting untuk dipersiapkan.

TRACKING

Tracking merupakan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain untuk menuju ke tujuan tertentu. Dalam pendakian Tracking merupakan perjalanan selama di gunung untuk menuju pos pos yang akan dilewati. Dalam bahasa keseharian Tracking juga terkadang disebut dengan Trekking dan salah satu alat untuk membantu memudahkan tracking tersebut sudah banyak tersedia trekking pole ( tongkat perjalanan / tongkat pendakian )

HIKING

Hiking merupakan suatu kegiatan di alam terbuka / bebas. Namun hiking lebih populer untuk kegiatan mendaki gunung.

TEKTOK

Tek Tok merupakan istilah untuk pendakian tanpa bermalam. Atau bahasa mudahnya pendakian naik kemudian langsung turun tanpa membawa perlengkapan dan logistik pendakian seperti umumnya.

Tek Tok merupakan salah satu alternatif bagi yang ingin mengetahui kemampuan fisik, tidak mempunyai banyak waktu luang dan tentunya tidak ingin terlalu repot menyiapkan pendakian.

LEADER

Leader dalam pendakian merupakan pimpinan / ketua rombongan yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan pendakian. Dan kesuksesan dalam pendakian bukan hanya mencapai puncak, melainkan pulang dengan selamat merupakan tujuan dari kegiatan di alam bebas.

Maka mematuhi leader merupakan cara terbaik untuk mencapai tujuan dalam pendakian.

SWIPER

Swiper merupakan salah satu yang membantu leader dalam memberikan saran pendakian. Swiper terletak di akhir rombongan sehingga dapat memberikan pertolongan apabila ada beberapa orang yang mengalami kendala selama pendakian kemudian menyampaikan kepada leader sehingga leader dapat mengambil keputusan terbaik untuk pendakian.

Swiper mempunyai tugas memastikan jumlah rombongan lengkap dan membantu apabila ada rombongan yang membutuhkan bantuan.

RANGER DAN SAVER

Ranger dan Saver merupakan relawan yang dibentuk untuk menangani kejadian luar biasa di gunung. Bisa dalam bentuk evakuasi pendakian, pemadaman kebakaran dan lainnya.

PORTER

Porter merupakan sebutan untuk yang membawakan barang selama pendakian. Porter merupakan salah satu solusi bagi yang tidak ingin membawa beban berat atau bagi yang mengalami cidera sehingga tidak memungkinkan untuk membawa tas caril / perlengkapan pendakian sendiri.

Ada beberapa istilah porter dalam pendakian, akan kami ulas di postingan yang lain.

POS

Pos merupakan tempat singgah sementara. Namun pos juga merupakan tempat pendirian tenda ( camp ground ) sebelum melanjutkan pendakian ke puncak.

Setiap gunung mempunyai ciri khas yang berbeda maka pastikanlah pos yang akan dipergunakan untuk membuat camp ground merupakan tempat terbaik di gunung tersebut.

SHELTER

Shelter merupakan salah satu tempat singgah yang mempunyai atap atau bangunan tertentu. Hampir sama dengan pos, shelter juga termasuk tempat istirahat dalam pendakian. Namun shelter merupakan salah satu alternatif apabila dalam pendakian menemui kendala atau hujan lebat.

Shelter dapat dipergunakan untuk evakuasi sementara namun kami mengingatkan bahwa tidak dibenarkan untuk mendirikan tenda di dalam shelter karena akan mengganggu pendaki lain yang akan memanfaatkan shelter.

Pada dasarnya pendakian gunung bukanlah aktifitas yang membahayakan. Namun mendaki dengan orang yang mengabaikan keselamatan dalam pendakian merupakan salah satu penyebab terjadinya bahaya untuk diri sendiri dan orang lain.

Maka sebelum mendaki, carilah partner terbaik dan mengenali karakteristik gunung yang akan di daki. Selanjutnya konsultasikan dengan keluarga dan orang yang berpengalaman dalam pendakian.

Apabila Anda mengalami kebingungan dalam mencari partner dan solusi dalam pendakian dapat langsung menghubungi admin. Kami siap membantu pendakian Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar