Candi Cetho, Candi Tertinggi, Candi Terakhir, Candi Terindah di Karanganyar Jawa Tengah Peninggalan Kerajaan Majapahit

Candi Cetho, Candi Tertinggi, Candi Terakhir, Candi Terindah di Karanganyar Jawa Tengah Peninggalan Kerajaan Majapahit


Candi Cetho

Sumber Instagram @theopranindya
Candi Cetho adalah candi dengan corak agama Hindu di Jawa Kuno. Bangunan Candi ini terdiri dari 7 tingkat yang melambangkan kehidupan manusia bahwa semakin tinggi posisi, semakin sulit jalan kehidupan yang akan diperoleh.

Di Candi ini pula terdapat patung yang sangat besar dan menunjukkan penis dan vagina yang dihubungkan oleh burung garuda (simbol dewa Wisnu) dan kura-kura (simbol umur panjang).

Candi Sukuh diyakini didedikasikan untuk kesuburan dan kemakmuran. Adapula arca dewa Wisnu dan Raja Brawijaya dari Majapahit yang terletak di candi lantai 5.


Tawangmangu adalah sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten seluas 800,20 kilometer persegi ini memiliki banyak situs sejarah dan destinasi wisata alam yang sangat indah.
Apalagi Karanganyar lokasinya dekat dengan pegunungan sehingga banyak sekali objek wisata yang indah. Apa saja ya tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar?

Wisata Tawangmangu 

Kawasan wisata Tawangmangu memiliki letak yang sangat strategis yakni di dataran tinggi dekat dengan Gunung Lawu. Bisa dikatakan wilayah Tawangmangu ini adalah perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Tawangmangu  lebih tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah namun juga berdekatan sekali dengan Kabupaten Magetan di  Jawa Timur.
Kabupaten Karanganyar memiliki beberapa tempat wisata populer di Indonesia seperti  Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini merupakan objek wisata favorit dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Kabupaten ini juga memiliki sebuah bumi perkemahan yang letaknya ada di lereng Gunung Lawu namanya Perkemahan Lawu dan Sekipan.
Nah, mau tahu tempat wisata apa saja yang ada di Tawangmangu dan sekitarnya? Berikut adalah ulasannya :

1. Taman Balekambang Tawangmangu

Tempat wisata di Tawangmangu

Tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar yang pertama adalah Taman Balekambang Tawangmangu.
Taman Balekambang ini adalah sebuah taman hiburan yang ada di Tawangmangu dan menjadi salah satu tempat yang populer dikunjungi oleh keluarga yang ingin mengajak anaknya bermain.
Taman Balekambang di Tawangmangu ini didesain  dengan banyak fasilitas permainan yang membuat anak-anak dan orang tua bersenang-senang.
Ada wahana roller coaster mini, ayunan dan kolam renang di taman Balekambang. Taman ini juga dilengkapi dengan air mancur dan taman yang dirawat dengan baik.
Wahana yang utama di taman hiburan ini adalah replika mini monumen yang terkenal mirip sekali dengan jembatan Brooklyn di New York yang menjadi ikonnya Hollywood.
Tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar
☔ @Bro Bali
Anda juga dapat berjalan-jalan santai di taman bersama orang yang Anda cintai. Taman Balekambang adalah tempat yang sangat tepat untuk menikmati waktu liburan Anda. Datanglah ke taman hiburan ini saat akhir pekan.
Anda bisa menemukan Taman Balekambang Tawangmangu di Jl. Balaikambang, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar
Sumber Instagram @zaykmalin
Air terjun Grojogan Sewu adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Tawngmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 80 meter.
Selain itu, di dekat air terjun Grojogan sewu juga terdapat air terjun yang berada di tebing sehingga  jika musim hujan datang, maka tebing akan mengeluarkan air terjun yang sangat deras.
Menariknya, di sekitar air terjun ini terdapat hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman dan terdapat pula satwa berupa monyet. Tenang saja, Anda tidak perlu takut karena monyet ini sangat  jinak walau menghuni hutan.
Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar
Di objek wisata Tawangmangu ini Anda bisa merasakan segarnya udara dan juga pemandangan gunung Lawu. Air terjun ini berada di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Kebun Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning
Sumber Instagram @wimardywijaya
Kabupaten Karanganyar juga memiliki sebuah perkebunan teh yang sangat menarik, yang terletak di daerah Kemuning.
Di Kemuning ini Anda dan pengunjung lainnya dapat menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan bisa memetiknay sendiri serasa di kebun pribadi.
kebun teh kemuning
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
📷 by : kangfoer
Kebun Teh Kemuning ini tidak kalah indahnya dengan  wisata kebun teh yang sangat terkenal di Puncak Ciawi, Bogor.
Menariknya, di area Kemuning ini, Anda bukan hanya bisa berkebun saja tapi juga bisa berolahraga paralayang. Anda bisa menemukan wisata ini di Jalan Kemuning, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Candi Sukuh

Candi Sukuh
☔ @rengganurrasyid
Tempat wisata di Tawangmangu Karanganyar selanjutnya adalah Kompleks Candi Sukuh. Candi ini terdiri dari kuil dan patung Hindu yang letaknya ada di lereng Gunung Lawu.
Candi ini dibangun pada abad ke 15 Masehi.  Ada hal yang menarik dari candi Sukuh ini di mana Piramida candinya diukir dengan sangat indah dan benar-benar rapi dengan dihiasi dengan relief  yang mengesankan.
Adapula patung-patung dengan posisi berdiri di sekitar candi yang memiliki gambaran genitalia pria dan wanita.
Patung-patung tersebut seolah menyimbolkan kesuburan serta dualitas di alam antara wanita dan pria. Untuk masuk ke candi ini, Anda akan dipinjamkan sarung hitam dan putih untuk lebih menghormati situs suci ini.
Candi Sukuh tawangmangu
☔ @soe.gie_elang
Pengunjung disarankan untuk membaca situs sebelumnya atau berkeliling situs dengan buku panduan yang baik.
Anda bisa menemukan candi Sukuh di Dukuh Berjo, Desa Sukuh Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

5. Candi Cetho

Candi Cetho
Sumber Instagram @theopranindya
Candi Cetho adalah candi dengan corak agama Hindu di Jawa Kuno. Bangunan Candi ini terdiri dari 7 tingkat yang melambangkan kehidupan manusia bahwa semakin tinggi posisi, semakin sulit jalan kehidupan yang akan diperoleh.
Di Candi ini pula terdapat patung yang sangat besar dan menunjukkan penis dan vagina yang dihubungkan oleh burung garuda (simbol dewa Wisnu) dan kura-kura (simbol umur panjang).
Candi Sukuh diyakini didedikasikan untuk kesuburan dan kemakmuran. Adapula arca dewa Wisnu dan Raja Brawijaya dari Majapahit yang terletak di candi lantai 5.
Candi Cetho tawangmangu
☔ @riansas1
Sementara untuk tingkat ke-7 atau yang paling atas selalu dikunci dan akan dibuka hanya pada upacara keagamaan.

Menariknya di gerbang utama Candi, memiliki arsitektur bangunan seperti Candi di Bali, bukan gaya Jawa Hindu asli. Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Desa Ceto, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Solo.

Source ::

Call Center Operator Pendakian dan Provider Wisata eXploreJogja Xplore Indonesia
+62 85 643 455 685 [[ WhatApp 24 jam]]

#porter #guide #portergunung #guidegunung #asosiasipendaki #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #tippendakipemula #bookingonlinesemeru #bookingonlineparango #murahmeriah

Posting Komentar

0 Komentar