Mata Air Ngreneng Birunya Air yang Alami di Yogyakarta

Mata Air Ngreneng Birunya Air yang Alami di Yogyakarta
Mata Air Ngreneng Yogyakarta
Mata Air Ngreneng Yogyakarta

Sumber Air Mata Air Ini Berasal Dari Mulut Goa

Mata Air Ngreneng atau biasa disebut dengan Mata Air Srimulih yang berada di Kabupaten Gunungkidul kini ramai diperbincangkan oleh para pemuda pemudi Indonesia khususnya kota Yogyakarta. Mata air ini memang menjadi salah satu lokasi wisata baru di Gunung Kidul. Alamat Mata Air Ngereneng / Sri Mulih ini berada di Dusun Ngeposari, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sumber air yang ada di Mata Air Ngreneng atau Srimulih ini berasal dari mulut goa yang berada di dekatnya. Di dalam goa tersebut terdapat sungai bawah tanah yang sering ditemukan di wilayah Gunungkidul. Beberapa orang berpendapat jika sungai bawah tanah tersebut masih menjadi satu sumber dari sungai bawah tanah yang berasal dari Goa Bribin. Keberadaan sumber mata air ini cukup tersembunyi karena berada di tepi pemukiman warga yang memiliki akses cukup sulit.

Masyarakat setempat baru memanfaatkan mata air ini sebagai lokasi berenang atau mandi setiap harinya. Sedangkan letak dari Mata Air Ngreneng ini berada di sebuah ngarai atau lembah yang lumayan dekat dengan rumah-rumah warga. Setelah memarkirkan kendaraan, Anda harus berjalan kaki menyusuri turunan yang melewati apitan sebuah tebing. Setelah hampir sampai di lokasi Mata Air Ngreneng, terdapat sebuah pohon besar yang terlihat kokoh dan menjulang ke atas. Dari tempat ini lokasi pemandian Mata Air Ngreneng telah terlihat.

Anda dapat mendekati Mata Air Ngreneng dengan menuruni anak tangga yang telah dibuat permanen. Setibanya di lokasi Mata Air Ngreneng, Anda dapat merasakan segarnya Mata Air Ngreneng ini baik dengan mencuci muka atau pun menceburkan diri untuk mandi dan benerang. Mata Air Ngreneng ini mepunyai kedalaman sekitar 2 m, namun untuk di bagian tepinya tidak terlalu dalam. Jadi tidak perlu kawatir bagi anda yang tidak bisa berenang bisa bermain air di tepian saja.

Air disini masih sangat segar dan sangat dingin karena area lingkungannya yang masih rindang akan pepohonan. Konon Mata Air ini saking bersihnya bisa langsung di minum mentah. Karena tempat ini belum ramai oleh pengunjung maka tidak ada biaya retribusi atau tiket masuk. Rute dari pusat kota Yogyakarta menuju mata air ini melewati Jalan Wonosari, Piyungan, Patuk, Hutan Blunder, Playen, dan tiba kota Wonosari.

Saat tiba di kota Wonosari arahkan kendaraan ke arah timur menuju ke kecamatan Semanu. Ikuti jalan utama tersebut hingga menemui perempatan lampu merah. Pilihlah jalan lurus melewati area pasar sapi dan polsek Semanu. Selanjutnya silakan bertanya kepada penduduk sekitar mengenai arah menuju mata air tersebut karena banyak tikungan dan memasuki area pemukiman warga.

Selain itu, pengunjung mata air ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan cukup sempit dan sulit dijangkau dengan kendaraan beroda empat. Dari kota Yogyakarta Mata Air Sri Mulih atau Ngreneng ini berjarak kurang lebih 60km, dan dapat di tempuh 1 jam 30 menit perjalanan mengunakan kendaraan pribadi.

Sumber,
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/mata-air-ngreneng-birunya-air-yang-alami-di-yogyakarta.html

Call Center Sang Pemimpi dan Pemandu Wisata eXploreJogja Xplore Indonesia
085.643.455.685 (WhatApp / Call / SMS)
D72E559E / 7A722B86

WisataGunung WisataAdventure WisataReligi WisataPendidikan WisataSelfie
#porter #guide #portergunung #guidegunung #asosiasipendaki #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu 

#tippendakipemula #bookingonlinesemeru #bookingonlineparango #murahmeriah

Posting Komentar

0 Komentar