Jangan Pernah Berbisnis dengan Teman

Jangan Pernah Berbisnis dengan Teman, Ini Alasannya

Liputan6.com, New York - Menjalin hubungan pertemanan yang erat dan kuat ternyata tidak menjamin Anda bisa harmonis saat membangun bisnis bersama teman. Pasalnya, bisnis yang dibangun bersama teman seringkali kekurangan ahli karena senantiasa mengedepankan kebersamaan sebagai modal utama.

Meski dengan sumber daya dan dana yang memadai untuk membangun bisnis, bukan berarti Anda harus membangun bisnis bersama teman baik Anda. Selain inovasi dan kreativitas, dunia bisnis dikenal sangat sulit diatasi dan penuh kejutan.

Terdapat banyak kesulitan dan faktor yang membuat kompetisi bisnis semakin ketat. Lagipula, hubungan persahabatan dan rasa tidak enak pada teman dapat mengganggu stabilitas bisnis yang tengah dijalani.

Berikut lima alasan mengapa Anda sebaiknya tidak berbisnis dengan teman atau kerabat dekat seperti dilansir dari laman Lifehack.org, Kamis (4/6/2015):

1. Persahabatan tak jamin bisnis lancar
Saat memulai usaha baru dengan sahabat, Anda cenderung meyakini hubungan persahabatan yang selama ini dijalani. Hati-hati, persahabatan yang baik bukan berarti Anda akan mencapai kerjasama bisnis yang sukses.
Ini jarang sekali bisa terjadi, bahkan orang-orang dengan filosopi dan nilai serupa belum tentu memiliki pendekatan yang sama dalam memutar roda bisnisnya. Hal ini dapat menciptakan konflik saat bisnis berdiri.

2. Jarang mempersiapkan rencana kedua
Merintis bisnis bersama teman seringkali membuat Anda lupa mempersiapkan skenario terburuk dari bisnis yang dijalani dan bagaimana cara menanganinya. Selain itu, komunikasi juga jarang terjalin dengan baik lantaran menganggap sang teman akan memahami gagasan Anda tampa menjelaskan panjang lebar.
Alhasil, seringkali Anda dan sahabat tak mempersiapkan plan B saat berbisnis.

3. Sikap emosional dapat mengganggu bisnis
Sikap emosional seringkali mewarnai bisnis yang tengah berjalan dan dapat semakin parah saat terjadi hambatan di perusahaan. Anda seringkali gagal menggunakan logika saat masalah menerjang dan lebih memilih mendahulukan emosi.

4. Gagal bisnis bisa rusak persahabatan
Setengah dari bisnis kecil mengalami kegagalan dalam 2 tahun pertamanya. Kegagalan tersebut biasanya dapat dipahami mengingat seringkali penyebabnya adalah kurangnya dana.

Tapi bagi para pengusaha kecil yang berbisnis dengan teman, gagalnya bisnis dapat merusak persahabatan yang telah dijalin dalam waktu lama. Seringkali hal itu mengganggu kehidupan pribadi.

5. Persahabatan bisa terganggu bahkan saat bisnis sukses
Sejumlah pengusaha ternama mengklaim, salah satu bahaya berbisnis dengan teman adalah saat hubungan persahabatan bisa terganggu bahkan saat usaha berjalan lancar. Kadang pertikaian menyoal tentang pembagian keuntungan.

Seringkali ada juga teman yang menjatuhkan Anda di tengah pasar yang kompetitif tapi bisnis yang dijalani memberikan untung besar. (Sis/Ndw)

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus