Keutamaan Memakai Pakaian Wol


Hadits Palsu Tentang Keutamaan Memakai Pakaian Wol



Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

عليكم بلباس الصوف تجدوا حلاوة الإيمان في قلوبكم وعليكم بلباس الصوف تجدوا قلة الأكل وعليكم بلباس الصوف تعرفون به في الآخرة

Hendaknya kalian memakai (pakaian dari) wol (bulu domba), maka kalian akan merasakan manisnya iman dalam hati. Hendaknya kalian kalian memakai (pakaian dari) wol (bulu domba), maka kalian akan merasakan (keinginan untuk) sedikit makan. Dan Handaknya kalian memakai (pakaian dari) wol (bulu domba), maka kalian akan dikenal dengan (pakaian) itu di Akhirat (nanti)”.
Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Al-Hakim1, Al-Baihaqi2, Ad-Dailami3 dan Ibnul Jauzi4, semuanya dari jalur Muhammad bin Yunus al-Kudaimi, dari ‘Abdullah bin Dawud At-Tammar, dari Isma’il bin ‘Ayyasy, dari Tsaur bin Yazid, dari Khalid bin Ma’dan, dari Abu Umamah, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.
Hadits ini adalah hadits palsu, dalam sanadnya ada rawi yang bernama Muhammad bin Yunus al-Kudaimi, dia tertuduh memalsukan hadits. Imam Abu Bakr bin Wahb At-Tammar berkata: “Abu Dawud tidak menampakkan (tuduhan) dusta terhadap seseorang kecuali terhadap Al-Kudaimi dan Gulam Khalil”5. Imam Ibnu ‘Adi berkata: “Dia tertuduh memalsukan dan mencuri hadits, mengaku bertemu orang-orang (para rawi hadits) padahal dia tidak pernah bertemu mereka, serta mengaku meriwayatkan (hadits) dari mereka padahal mereka tidak mengenalnya. Mayoritas guru-guru kami meninggalkan riwayat (hadits) darinya”6. Imam Ibnu Hibban berkata: “Dia memalsukan hadits atas (nama) rawi-rawi hadits yang terpercaya secara jelas, dan barangkali dia telah memalsukan lebih dari seribu hadits”7. Imam Ad-Daraquthni berkata: “Dia tertuduh memalsukan hadits”8.
Hadits ini dihukumi sebagai hadits palsu oleh Imam Ibnul Jauzi9, Imam Asy-Syaukani10, dan Syaikh Al-Albani dalam kitab “Silsilatul ahaadiitsidh dha’iifah wal maudhuu’ah” (1/206, no. 90).
Hadits ini juga diriwayatkan dari jalur lain dari Abu Umamah radhiallahu’anhu, dikeluarkan oleh Imam Ad-Dailami dalam kitab “Musnadul Firdaus” (2/281). Riwayat ini juga palsu, karena dalam sanadnya ada rawi yang bernama Ahamd bin ‘Abdillah al-Jaubari, dia seorang pendusta yang terkenal11.
Hadits yang semakna juga diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang ingin merasakan manisnya iman maka hendaknya dia memakai (pakaian dari) wol (bulu domba)”.
Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ibnu ‘Adi dalam kitab “Al-Kamil” (3/252), dan dihukumi oleh Imam Ibnul Jauzi dan Imam Asy-Syaukani sebagai hadits yang palsu, karena dalam sanadnya ada rawi yang bernama Sulaiman bin Arqam, para ulama Ahli hadits meninggalkan riwayat haditsnya (karena kelemahannya yang fatal)12.
Imam Asy-Syaukani berkata: “Hadits ini palsu serta memiliki beberapa jalur periwayatan dan lafazh (yang berbeda-beda), (tapi semuanya) tidak shahih”13.
Juga dari jalur lain dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, dikeluarkan oleh Imam Ibnul Jauzi14, dan jalur inipun dihukumi palsu oleh Imam Ibnul Jauzi, karena dalam sanadnya ada rawi yang bernama Ahamd bin ‘Abdillah al-Jaubari, dia seorang pendusta dan pemalsu hadits.
Kesimpulannya, hadits ini adalah hadits palsu dari semua jalur periwayatannya dengan semua lafazhnya yang berbeda-beda.
Oleh karena itu, hadits ini tidak boleh dijadikan sandaran untuk menetapkan keutamaan memakai pakaian dari wol (bulu domba), sebagaimana yang diyakini oleh sebagaian orang-orang jahil dari kalangan ahli tasawuf.
Bahkan memakai pakaian dengan ciri tertentu dan meyakini ada keutamaannya tanpa ada landasan argumentasi dari Al-Qur-an dan hadits yang shahih dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, ini adalah termasuk perbuatan bid’ah (mengada-adakan sesuatu yang baru tanpa ada contohnya dari petunjuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya Shallallahu’alaihi Wasallam) dalam agama Islam.
Bahkan, pakaian seperti itu sangat dikhawatirkan termasuk dalam ancaman yang disebutkan dalam hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam: “Barangsiapa yang memakai pakaian (untuk) dikenal (karena berbeda dengan yang lain) maka Allah akan memakaikan padanya pakaian kehinaan kemudian dibakar dengan api Neraka15.
Yang dimaksud ‘pakaian untuk dikenal’ dalam hadits ini mencakup pakaian indah/mewah yang dipakai dengan tujuan untuk menarik perhatian dan membanggakan diri atau pakaian buruk/rendah yang dipakai dengan tujuan untuk membuat orang menilainya memiliki sifat zuhud dan tidak cinta dunia16.
وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
Catatan Kaki
1 Dalam kitab “Al-Mustadrak” (1/81).
2 Dalam kitab “Syu’abul iimaan” (5/151).
3 Dalam kitab “Musnadul Firdaus” (2/281).
4 Dalam kitab “Al-Maudhuu’aat” (3/48).
5 Dinukil oleh Imam Ibnu Hajar dalam “Tahdziibut tahdziib” (9/476).
6 Kitab “Al-Kaamil fi dhu’afaa-ir rijaal” (6/292-293).
7 Kitab “Al-Majruuhiin” (2/313).
8 Kitab “Suaalaatu Hamzah as-Sahmi” (hal. 111, no. 74).
9 Dalam kitab “Al-Maudhuu’aat” (3/48).
10 Dalam kitab “Al-Fawa-idul majmuu’ah” (hal. 192).
11 Lihat kitab “Silsilatul ahaadiitsidh dha’iifah wal maudhuu’ah” (1/208).
12 Lihat kitab “Al-Maudhuu’aat” (3/48).
13 Kitab “Al-Fawa-idul majmuu’ah” (hal. 192).
14 Dalam kitab “Al-Maudhuu’aat” (3/49).
15 HR Abu Dawud (2/441) dan Ibnu Majah (2/1192), dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albani.
16 Lihat kitab “Jilbaabul mar-atil muslimah” (hal. 214-215).

Penulis: Ustadz Abdullah Taslim, Lc., MA.
Artikel Muslim.Or.Id


# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 085.643.455.685

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

0 Komentar