Pantai Srandil, Keindahan yang Berbalut Magis

Sebagai kabupaten yang terletak di pesisir selatan Jawa Tengah, Cilacap dikenal banyak memiliki obyek wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Srandil yang terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala. Persisnya, 30 kilometer arah timur laut kota Cilacap.

Kelebihan pantai ini adalah hamparan pasirnya yang lebar dan memanjang sehingga menampilkan pemandangan yang lepas ke arah laut. Gelombang laut yang konstan, terkadang meninggi, memberikan nuansa alam bebas di pantai ini.

Panjang garis Pantai Srandil ini lebih kurang tiga kilometer. Di ujung timurnya berpotongan dengan kawasan wisata Pantai Widara Payung. Dengan demikian, bila kita berkunjung ke pantai Srandil, sekalian dapat menikmati keindahan Widara Payung yang jaraknya hanya sekitar empat kilometer ke arah timur dengan perjalanan darat.

Dinamakan Pantai Srandil karena letak pantai ini yang bersebelahan dengan Gunung Srandil. Sebuah bukit yang persis di tepi laut. Bukit ini dikenal sebagai tujuan wisata spiritual atau religius. Setiap hari, obyek wisata Gunung Srandil dikunjungi puluhan bahkan ratusan orang yang ingin berziarah di goa-goa yang banyak terdapat di bukit Srandil ini, di samping tentu saja menikmati keindahan debur ombak Pantai Srandil.

Obyek wisata ini relatif mudah ditempuh dengan kendaraan penumpang bus umum jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen atau kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal dan dekat dengan jalan lintas selatan-selatan. Papan petunjuk jalan pun sudah banyak terpasang di sepanjang jalan menuju lokasi ini.

Satu kilometer sebelum ke pantai ini, kita akan melewati obyek wisata Bukit Selok. Tempat wisata tersebut kerap dikunjungi untuk tujuan perkemahan, outbound, atau sekadar duduk menikmati rindangnya pepohonan di bukit ini.

Sekitar 500 meter sebelum bibir pantai, kita akan melalui gardu retribusi. Dengan membayar Rp 2.000 per orang, kita bisa langsung masuk ke obyek wisata. Tak perlu khawatir dengan tempat parkir karena hamparan tanah lapang di pinggir pantai ini cukup luas untuk menampung kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Selain hari libur, obyek wisata Pantai Srandil juga ramai saat malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon pada bulan Sura. Pada malam- malam tersebut umumnya sebagian besar pengunjung berziarah di Gunung Srandil. (M Burhanudin)

Sumber:
  1. http://cetak.kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar