Diguncang Gempa, Jepang Kerahkan 8 Pesawat Militer

Diguncang Gempa, Jepang Kerahkan 8 Pesawat Militer
BBC

Rita Uli Hutapea - detikNews
Tokyo - Menyusul gempa dan tsunami dahsyat yang melanda Jepang, pesawat-pesawat militer Jepang dikerahkan untuk memeriksa sejauh mana kerusakan yang terjadi.

Kementerian Pertahanan JepAang telah mengerahkan 8 pesawat militer. Demikian seperti diberitakan kantor berita Jepang, Kyodo dan dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011).

Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan meminta masyarakat untuk tetap tenang. Kan pun memerintahkan militer untuk berbuat yang terbaik dalam menindaklanjuti bencana ini.

Untuk membahas gempa dan tsunami ini, kabinet Jepang akan menggelar rapat.

Di Tokyo, gempa 8,9 SR itu dirasakan warga selama beberapa menit. Namun 30 menit setelah gempa, gedung-gedung tinggi di Tokyo masih terus bergoyang.

"Saya ketakutan dan saya masih takut," cetus Hidekatsu Hata, manajer sebuah restoran di daerah Akasaka, Tokyo. "Saya tidak pernah mengalami gempa sedahsyat ini sebelumnya," tuturnya.

Akibat gempa ini, jaringan telepon tidak bekerja. Listrik pun terputus. Beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir pun mati secara otomatis. Sejauh ini belum diketahui sejauh mana kerusakan akibat gempa ini.

"Saya takut kita akan segera mengetahui soal kerusakan, mengingat gempa begitu kuat," ujar Yosuke Oi dari Badan Penjaga Pantai Jepang.

Gempa-gempa susulan dilaporkan terus terjadi. Akibat gempa ini, sebuah kilang minyak di dekat Tokyo juga terbakar.

(ita/nrl)

Posting Komentar

0 Komentar