Cavetubing di Goa Kalisuci Gunungkidul


KABUPATEN Gunungkidul, Propinsi DIY adalah kabupaten yang kaya akan goa. Hal itu sangat menarik bagi wisatawan minat khusus di tanah air. Salah satu goa yang menantang untuk disusuri adalah Goa Kalisuci yang terletak di Dusun Jetis Desa Pacarejo Kabupaten Gunungkidul.

Goa yang berjarak 60 Km dari Kota Yogyakarta ini cukup unik karena terdapat aliran sungai permukaan yang masuk mengalir kedalam goa hingga berhulu ke laut yaitu di Pantai Baron. Sebelum sampai Pantai Baron, aliran sungai itu? melewati Goa Glatikan, Goa Gelong, Goa Buriomah, Goa Grubug dan Goa Jomblang.

Konsep yang ditawarkan Kalisuci sebagai obyek wisata ini adalah sebagai wisata minat khusus dengan menawarkan kegiatan Cavetubing. Yakni kegiatan yang memadukan rafting (olahraga arus deras) dengan caving(olahraga susur goa).

Wisata ini merupakan wahana petualangan dengan menggunakan tube (ban dalam) untuk menyusuri sungai bawah tanah Kalisuci sejauh 500 meter, dilengkapi dengan peralatan standar dan pemandu yang berpengalaman dibidang goa.

Kondisi jeram dengan grade rendah menjadikan kegiatan Cavetubing ini sangat mengesankan, sehingga wisatawan dapat memperoleh pengalaman yang menarik. Wisatawan akan menikmati pemandangan ornamen goa, kehidupan alam gelap goa, serta nilai-nilai seni yang lain didalam goa ini.


Selain sebagai wisata petualangan dan having fun, Cavetubing Kalisuci merupakan sarana Ecotourism maupun Education Tourism. Wisatawan bisa mempelajari tentang Speologi (Ilmu tentang goa dan lingkungan sekitarnya), Morfologi kawasan batu kapur, Speleogenesis (Ilmu tentang terbentuknya goa), Biospeologi (Ilmu tentang kehidupan goa) dan sebagainya.

Sumber : http://www.pesonajogja.com/2010/12/cavetubing-di-goa-kalisuci-gunungkidul.html

Posting Komentar

0 Komentar