Susno bisa bebas malam ini

20110217160945_SUSNO2.JPG

HarianJogja-JAKARTA: Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji kemungkinan akan bebas dari tahanan malam ini. Sebab masa tahanannya habis pada tanggal 17 Ferbuari 2011.

"Kalau hari ini memang nanti sudah habis, dia dikeluarkan demi hukum," jelas Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ida Bagus Swiyantara kepada wartawan dikantornya Jl Ampera Raya, Jakarta, Kamis (17/2).

Pembebasan itu sesuai dengan pasal 29 ayat 6 KUHAP. Ida menjelaskan karena ancaman 9 tahun, pengadilan terutama majelis hakim berwenang menahan 30 hari, kemudian diperpanjang oleh ketua majelis 60 hari. Dan perpanjangan itu sudah habis tepat pada hari ini.

"Memang majelis hakim yang menangani perkara ini sudah berusaha mengingatkan JPU untuk menghadirkan saksi-saksi," paparnya.

Menurut Ida dalam perkara ini seharusnya menghadirkan 111 orang saksi namun jaksa sering hanya menghadirkan sedikit saksi. Selain itu pada akhir-akhir persidangan terdakwa sakit sehingga sidang harus ditunda.

"Seharusnya sidang selesai seperti digariskan oleh atasan 10 hari masa tahanan habis seharusnya sudah putus. Sehingga mau tidak mau maka karena masa penyelesaian perkara itu belum selesai dia dikeluarkan demi hukum," jelasnya.

Jadi kapan Susno akan dikeluarkan dari tahanan? "Ya namanya hari itukan 24 jam, ya biasanya dihitung hari berikutnya pukul 00.00 WIB," sebutnya.(dtc)

Posting Komentar

0 Komentar