Latihan Budidaya Lebah Madu Saka Wana Bhakti (SWB) Randublatung Binaan Perhutani KPH Randublatung

 Perlebahan merupakan salah satu mata ajaran yang harus ditempuh oleh setiap anggota Saka Wanabhakti untuk mencukupi persyaratan Tanda Kecakapan Khusus (TKK), dimana dalam perolehan Tanda Kecakapan Khusus tersebut mencakup bidang Krida Bina Wana, Tata Wana, Guna Wana, dan Reksawana. Dari keempat krida tersebut salah satunya adalah pendalaman materi perlebahan. Dari adanya pelatihan tersebut angota Saka Wanabakti diharapkan bisa mengetahui tentang masalah perlebahan mulai dari pengadaan bibit lebah, penyediaan stup lebah, budidaya lebah sampai dengan pemanenan hasil budidaya berupa madu yang dihasilkan.

Terkait dengan hal tersebut untuk mengisi masa liburan bagi angota Saka Wana Bakti pangkalan khusus Randublatung, sebanyak 20 orang telah melakukan pelatihan bersama dengan anggota Saka Wana Bakti Pati khusus bidang perlebahan.

Perum Perhutani KPH Randublatung selaku institusi yang mempunyai tanggungjawab membina Generasi muda melalui Pramuka Saka Wana Bakti menjembatani untuk melakukan proses pembelajaran tersebut.

Carilah Ilmu sampai ke negeri Cina, demikian bunyi kalimat yang sering digunakan dikalangan pengajar untuk memberikan motivasi kepada anak didiknya, hal tersebut tentunya juga berlaku bagi anggota Saka Wana Bakti Pangkalan khusus Randublatung untuk menimba ilmu perlebahan di BKPH Regaloh KPH Pati. Walaupun jauh namun tetap ditempuh karena ilmu tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk bekal hidup dimasa mendatang. Seperti satuan Karya Pramuka lain yang ada di Indonesia, dalam SakaWana Bakti juga dikenalkan dengan berbagai macam kegiatan yang ada sangkut-pautnya dengan masalah kehutanan, sebab tujuan utama adanya pembinaan Pramuka di lingkungan Perhutani adalah untuk mendidik generasi muda agar tahu dan paham akan masalah kehutanan, cinta lingkungan serta menjadi pelopor dibidang lingkungan hidup dikalangan remaja, selain diberikan pula bekal-bekal ilmu lain yang ada kaitannya dengan pembentukan mental generasi muda.
Dari adanya pembekalan berbagai ilmu tersebut salah satunya adalah budidaya lebah madu yang merupakan salah satu bidang yang dipelajari dalam ke-saka-an dalam organisasi Saka Wana Bakti.


Sumnber : www.kphrandublatung.perumperhutani.com

Posting Komentar

0 Komentar