Bulan Bakti Wanabakti

Dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Novemer dan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November, maka Pengurus Satuan Karya Wanabakti Kwartir Cabang 1205 Kota Yogyakarta berkeinginan mengadakan serangkaian kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi Penelusuran Gunung Nglanggeran Patuk Gunung Kidul Yogyakarta, Donor Darah Massal dan Penghijauan 2811 pohon.

Penelusuran Gunung Nglanggeran
Penelusuran Gunung Nglanggeran Patuk Gunung Kidul Yogyakarta merupakan pembukaan kegiatan peringatan Hari Pahlawan dan Hari Menanam Pohon Indonesia. Acara ini akan dilaksanakan pada,
Hari : Sabtu s.d. Ahad
Tanggal : 20 s.d. 21 November 2010
Jam : 15.00 s.d. 12.00 WIB
Tempat : kawasan wisata ekowisata Gunung Nglanggeran Patuk Gunung Kidul Yogyakarta
Biaya : Rp. 15.000,00
Peserta : maksimal 5o orang
Tujuan dan sasaran :
- menjalin silaturahmi
- memperkenalkan kawasan wisata ekowisata Gunung Nglanggeran Patuk Gunung Kidul
- mengetahui sejarah Gunung Nglanggeran
- memberikan tumbuhan baru (menanam bibit dikawasan wisata)
- survival

Donor Darah Massal

Donor Darah Massal ini merupakan salah satu dari kegiatan peringatan Hari Pahlawan dan Hari Menanam Pohon Indonesia. Acara ini akan dilaksanakan pada,
Hari : Sabtu
Tanggal : 27 November 2010
Jam : 10.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Aula SMK N 5 Yogyakarta
Target : 300 pendonor
Tujuan dan sasaran :
- menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia
- memperkenalkan kegiatan Pramuka yang berpangkalan di SMK N 5 Yogyakarta dalam berkarya

Penghijauan
Kegiatan Bakti Masyarakat berupa Penghijauan tahun 2010 ini merupakan praktik di lapangan dari hasil latihan rutin di Saka Wanabakti Kota Yogyakarta yang mengkhususkan pada proses penanaman pohon di Bantaran Sungai Gajah Wong dan Bantaran Sungai Opak yang bertujuan untuk reboisasi lahan kritis dan pengurangan resiko bencana. Bakti Masyarakat ini dilaksanakan oleh anggota Saka Wanabakti kota Yogyakarta dan perwakilan SMA/SMK/MA se-Kota Yogyakarta. Kegiatan ini sekaligus merupakan bakti sosial yang dilakukan dalam rangka memberikan dukungan terhadap program Pemerintah yaitu Hari Menanam Pohon indonesia (HMPI) atau yang dikenal dengan istilah, “One Man One Tree” yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 28 Nopember 2010.

===
LANDASAN (MENUNGGU HASIL SURVEY)
===
.
Keterlibatan anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat setempat dalam kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa menjaga kelestarian lingkungan, juga dalam rangka memperkuat karakter rimbawan dan kekompakan antar peserta Bakti Masyarakat serta menumbuhkan kepedulian pada kelestarian hutan lewat kegiatan pengabdian.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada,
Hari : Ahad
Tanggal : 28 November 2010
Jam : 08.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Bantaran Sungai Gajah Wong dan Sungai Opak
Target : 2811 bibit tertanam

Filosofi :
Dengan ditetapkannya tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), maka Pengurus Saka Wanabakti Kota Yogyakarta berkeinginan bahwa tanggal (28) dan bulan November (11) merupakan target bibit yang tertanam dan setelah kita gabungkan kedua angka tersebut menjadi 2811 bibit tanaman.


Posting Komentar

0 Komentar