Caving Gua Cerme

SALAM RIMBAA. . !!

Saka Wanabakti Kota Yogyakarta akan mengadakan kegiatan susur goa/caving (Reksa wana) di goa cireme, yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Minggu

Tanggal : 26 September 2010

Jam : 08.00 s.d. selesai

Tempat : Kawasan Gua Cerme

Kegiatan ini akan diikuti juga oleh :

  1. Saka Wanabakti Kalimantan Timur
  2. Saka Wanabakti Bantul
  3. Saka Wanabakti Wangon
  4. Saka Wanabakti Kebumen

TERBUKA/DAPAT DIIKUTI UNTUK KALANGAN UMUM

"kami tidak mengharuskan peserta yang ikut Caving dari anggota Satuan Karya Wanabakti saja. Melainkan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi yang bersifat umum."

Bagi Yang berminat mengikuti Kegiatan Caving Goa Cerme

Untuk Daerah Kebumen bisa datang dan mendaftar ke sekertariat Saka Wanabakti Kebumen/Perum Perhutani BKPH Kebumen. Jalan Ahmad Yani No 05 Kebumen (Tugu Lawet Ke timur +20M).

Pendaftaran wilayah Kebumen paling lambat tanggal 23 September 2010

INFO CP:

Anif Imroni (Ketua Dewan Saka Wanabakti Kebumen) HP 081542953542

Saiful Rochman (FKPDS Saka Wanabakti Kebumen) HP 08975090786

Vix Kumbara Rimba (FKPDS Saka Wanabakti Kebumen) HP 08788185361

NB: Mohon Informasi ini disebarluaskan.

Terima Kasih


Sekilas Tentang Goa Cerme

Goa Cerme pada awalnya adalah tempat pertemuan yang digunakan oleh Walisongo untuk menyebarkan dan mengajarkan agama Islam di Jawa. Kata ‘Cerme’ berasal dari kata ‘ceramah’, pembicaraan yang diadakan selama pertemuan dalam membahas rencana mendirikan Masjid Besar di Demak, sebuah kota di utara Jawa Tengah.

Terletak di desa Selopamioro Kecamatan Imogiri 20 km arah selatan dari Yogyakarta. Panjang goa seluruhnya kurang lebih 1,5 km dan berakhir pada sebuah sendang di wilayah Panggang, tepatnya di desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Rata rata kedalaman aliran air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Selain goa utama ada goa lain yang lebih kecil dimana dahulu digunakan untuk tempat meditasi seperti goa Dalang. Goa Ledhek, goa Badhut, dan goa Kaum. Pada hari Senin atau Selasa wage banyak pengunjng datang untuk meminta berkah Tuhan dengan mengadakan upacara syukuran. Pada masa liburan, banyak pelajar dan kaum muda berkunjung ke temapat ini. Sepanjang lorong di goa Cerme terdapat sebuah panggung yang dulu digunakan untuk tempat pertemuan. Untuk mencapai gerbang depan goa, seseorang harus mendaki 759 meter tangga. Lebih baik jika pengunjung menghubungi Juru Kunci atau penjaga goa terlebih dahulu untuk mendapatkan keterangan atau informasi yang tepat. Goa ini termasuk goa yang panjang dan dalam. Jalan untuk mencapai lokasi ini sangat baik dan jarak tempuh sekitar 20 km. Pemandangan menuju ke Goa Cerme dari desa terakhir sangat bagus. Pada siang hari, jika udara cerah, kota Yogyakarta terlihat indah dan pada malam hari bisa melihat kota dalam gemerlap lampu. Daya tarik utama dari Goa cerme ini adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan kelelawar yang banyak bergelantungan di dalam gua. Kondisi di dalam goa tanpa lampu penerangan gelap gulita dan lantai goa digenangi oleh air tanah, yang pada musim penghujan airnya akan pasang (naik), tetapi pada musim kemarau airnya surut. Pada umumnya, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke goa Cerme menghabiskan waktu antara 3 sampai 5 jam di lokasi.




Dikutip dari : Saka Wanabakti Kebumen
Link :http://www.facebook.com/notes/saka-wanabakti-kab-kebumen/caving-goa-cerme-yogyakarta/443830364312

Posting Komentar

0 Komentar