Rubah XP jadi support Sata

Beberapa waktu lalu, saya membeli laptop ini.. yach tentunya kosongan alias cuman di kasi OS freeDos. Driver nya pun di copykan oleh toko yang jual L.
Sebelum membeli saya memang sudah mencari-cari review tentang laptop ini, dan dari ‘sono’-nya sudah diwanti-wanti kalo ni laptop di desain untuk OS Windows Vista.
Nah, karma ga mampu beli Windows Vista, terpaksa deh masternya windows XP yang saya miliki di ‘modif’ dikit agar bisa di install di laptop ini.
Habis keliling seharian bersama paman ‘Gogel’ ketemu juga beberapa driver penting agar windows XP bisa terinstall mulus di laptop ini, sebelumnya seh saya iseng-iseng nyoba install langsung, weeks… instalasi langsung K.O (crash) sebelum partisi harddisk dimulai…
Nah, mgk dari rekan2 juga ada yang minat make ni laptop dengan OS windows XP.. berikut tricknya;
Pertama, cari dulu yang namanya NLite (silahkan di unduh dulu), nah kemudian copykan seluruh isi nya master OS WinXP ke harddisk.
Cari file berikut :
Intel SATA driver di http://www.icare.hp.com.cn/TechCenter_StaticArticle/45904/59724.zip
Intel Chipset drivers di http://www.icare.hp.com.cn/TechCenter_StaticArticle/45904/59727.zip Nah dua file ini harus ada (hmm, mgk kalo Cuma yang no.1 juga gpp kali,.. ok sapa tau ada diantara rekan yang mau nyoba???) , sisanya ntar aja saya beri tahu.
Ekstrak ke dua file itu di folder “terserah_anda”, kemudian jalan kan Nlite. Klik next, dan tentukan dimana copy-an WinXP tadi anda letakkan. sebagai contoh disini , saya mengopykan winXP nya di D:\winXPCustom. Setelah itu klik “Next”, NLIte akan mencoba meload, copy-an winXP nya. Selanjutnya, muncul pilihan “Session” yang pernah anda buat sebelumnya, tapi kalo ini pertama kali anda menjalankan Nlite, langsung aja tancap gas klik “Next” pada pilihan Task Selection, klik “Drivers”
lagi-lagi, klik “Next”.
Kemudian anda akan disuguhkan window drivers yang akan di include kan dalam proses instalasi XP nantinya.
Klik “Insert” dan pilih Multiple Driver folder, dan cari lokasi folder tempat dimana anda meng-ekstrak driver2 tadi. Hasilnya paling tidak akan seperti ini…setelah itu klik next, dan muncul confirmasi apakah akan memulai proses customisasi..?? di OK aja bro.
Setelah finish, tutup Nlite, dan tiba saatnya kita buat file ISO biar ntar bisa di bakar di CD kosongan.
Proses Burning
Buka kembali Nlite…jalankan proses spt di atas hingga pada pilihan session, pilih session terakhir yang anda buat, dan klik load. Setelah itu, klik next, dan pilih “bootable ISO” pada window Task Selection.
Kemudian klik next hingga pada proses pembuatan ISO, klik Make ISO file. Dan kini anda memiliki instalasi WinXP yang sudah di Custom dan dapat di install pada Laptop ini….wah lega sudah akhirnya…
Setelah Windows XP nya di install, skr tinggal driver2 lainnya yang perlu diinstall (utk driver2 nya bisa di unduh di http://saysprasad.wordpress.com/2008/12/08/compaq-presario-cq40-108tu-drivers-for-windows-xp/ )

Posting Komentar

0 Komentar